Ahli Kunci Jimbaran

Ahli Duplikat Kunci di Jimbaran

Ahli kunci biasanya dapat dengan mudah kita jumpai berada pada area pasar, pinggiran jalan, bahkan ada juga yang berada di mall atau pusat pembelanjaan yang ada di jimbaran dan sekitarnya. Keberadaan jasa mereka ini dapat dibilang cukup uni jika kita melihatnya dari segi tampilannya.

Biasanya mereka membuka usahanya di pinggir jalan besar, tempat yang ramai, atau tempat yang strategis dengan berfasilitasjan sebuah mobil tua yang sudah usang rupanya, dengan memakai sebuah gerobak dorong ataupun berupa stelling kecil dengan tulisan besar yaitu “Ahli Kunci”.

Meskipun ada juga yang membuka usaha ahli kunci tersebut dengan menggunakan kios atau toko yang cukup bagus, tetapi tetap saja ada sesuatu aspek yang keunikan yang tersendiri dari ketika kita melihat tampilan luar dari jenis usaha yang satu ini.

Anda saat ini sudah tidak perlu khawatir, karena hal tersebut bukanlah masalah besar yang sulit untuk diatasi. Dengan menggunakan jasa profesional dari ahli kunci, maka problema anda akan  terasa mudah untuk diselesaikan. Karena pada masa seperti sekarang ini menemukan jasa para ahli kunci cukup mudah, terlebih jika anda berada di kota-kota besar seperti Jakarta, Bali, dan tak terkecuali di daerah Jimbaran.

Tukang duplikat kunci atau jasa ahli kunci terkadang sering dianggap remeh oleh sebagian orang. Akan tetapi untuk sebagian orang yang pernah mengalami masalah dengan kunci mereka seperti kehilangan kunci pribadinya yang sangat penting.

Maka akan mereka menyadari betapa pentingnya tukang duplikat kunci atau ahli kunci dengan keterampilannya, jasa,dan juga pengalaman mereka, maka permasalahan kehilangan sebuah kunci rumah, kunci brankas, ataupun kendaraan bermotor anda dapat diselesaikan dalam waktu yang relative singkat.

Biasanya mereka akan memasang tarif yang cukup terjangkau untuk setiap jasa yang mereka berikan. Biasanya untuk kunci pintu mereka akan memberikan tarif sebesar 10 ribu rupiah, 15 ribu rupiah, dan sampai 30 ribu untuk duplikat kendaraan bermotor.

Sedangkan untuk kunci mobil tentu saja akan memiliki harga yang berbeda dengan kunci pintu rumah ataupun dengan kunci kendaraan motor, yaitu berada di kisaran harga 50 ribu rupiah untuk sebuah kunci mobil biasa, berbeda lagi dengan kunci mobil immobilizer akan mencapaiharga kisaran 500 ribu sampai dengan 2 juta rupiah.

Khusus untuk sebuah kunci mobil immobilizer memiliki tarif atau harga yang berbeda dengan kunci mobil biasa pada umumnya, harga kunci immobilizer tergantung pada tingkat kesulitan penanganan, kerumitan, dan juga dari jenis mobilnya. Namun dengan menggunakan jasa mereka maka anda akan menghemat biaya jika dibandingkan dengan mengganti kunci mobil anda ke pihak dealer.

Mereka-reka bentuk duplikat kunci

Pekerjaan sebagai seorang ahli kunci bukanlah pekerjaan yang mudah, mereka butuh waktu berbulan-bulan bahkan hingga tahunan untuk mengetahui dan mempelajari secara pasti lekukan, tebal, dan panjang pasa jenis kunci yang akan mereka duplikat. Mereka membuhkan “insting dan kesabaran” itulah hal yang paling penting untuk menjadi seorang ahli kunci.

Insting digunakan untuk mengetahui bagaimana lekukan kunci dan sabar teliti dan hati-hati dalam mengerjakannya. Mengingat bentuk sebuah kunci yang kecil membutuhkan ketelitian yang tinggi. Menurut beberapa pakar ahli kunci, membuat sebuah kunci untuk diduplikat merupakan sebuah seni, karena mereka harus membuat kunci dengan bentuk yang sedemikian rupa dengan lekukan yang sesuai.

Tidak boleh ada keteledoran dalam membuat sebuah kunci duplikat, karena jika kuncinya ada bentuk yang kurang cocok dengan kunci aslinya maka akan berakibat bagi kita sendiri yang membuatnya ataupun bagi konsumen, karena mereka akan merasa kecewa dan tidak mau lagi memesan kunci duplikat kepada siri kita.

Dalam membuat sebuah kunci duplikat membutuhkan insting yang kuat, apalagi harus membuat kunci yang tidak memiliki contoh. Seorang ahli kunci harus bisa menentukan panjang kunci, ketebalan kunci, dan bentuk kunci hanya dengan mereka-reka saja atau filling. Dengan kata lain seorang ahli kunci wajib memiliki ingatan yang kuat karena harus mengingat lekukan dari sebuah kunci.

Dari seorang ahli kunci yang sederhana, hingga yang istimewa

Peralatan yang dibutuhkan oleh seorang ahli kunci untuk membuat duplikat kunci cukup sederhana. Bahkan peralatan yang digunakannya ini sangat mudah di jumpai di berbagai pasar atau pusat perbelanjaan. Seperti halnya jangka sorong / sigmat, kikir, kelat, bais, gergaji besi, dan cuning (kawat), bor, pisau, palu, gerinda, obeng, ragum,cutter gunting dan yang lain sebagainya.

Semua peralatan yang digunakan ahli kunci tersebut penting dan wajib dipunyai ahli kunci. Misalnya cuning, dia bukan hanya sekedar kawat, karena dari cuning inilah lekukan bahan kunci dapat diketahui. Bentuk dari cuning ini juga bermacam-macam, mulai dari yang berbentuk panjang sampai yang pendek, dengan bagian ujung kawat yang pipih, atau ujung kawat yang bergelombang bentuknya layaknya seperti per.

Bentuk cuning yang pipih dan bergelombang sperti halnya per inilah yang kemudian akan memberitahukan kepada si ahli kunci tersebut tentang bagaimana ukuran dan banyaknya lekukan-lekukan yang ada di rumah kunci tersebut atau kontak. Biasanya teknik ini digunakan sang actor untuk melakukan pencurian seperti yang biasa kita lihat pada televise kita.

Sedangkan fungsi dari jangka sorong adalah untuk mengukur bentuk kikiran gigi kunci. Kikir bergunak untuk mengikis bahan duplikat kunci, sehingga permukaan bahan yang akan digunakan untuk duplikat menjadi rata dan bisa halus, sehingga mudah untuk mencetak atau melakukan pembuatan duplikat. Gergaji besi, dan basis digunakan untuk membuat lekukan dan tebal dari kunci yang akan di duplikat.

Selain cara manual yang digunakan oleh para ahli diatas, membuat duplikat kunci dapat menggunakan mesin duplikar kunci juga sudah banyak ahli kunci yang menggunakannya bahkan jika menggunakan mesin duplikat kunci akan memakan waktu yang lebih cepat mencapai kisaran 1 menit saja, hal ini tentu saja menghemat waktu dan tenaga para ahli kunci tersebut.

Hingga saat ini hanya ada 2 mode mesin yang digunakan untuk membuat duplikat kunci yang tersebar di Indonesia. 1 mesin digunakan untuk kunci biasa dan 1 mesin lagi digunakan untuk membuat kunci ukir kendaraan bermotor, mobil dan yang lainnya. Ada juga mesin duplikat yang dapat membuat kunci tanpa ada contohnya, hanya menggunakan angka kode kunci atau chasis number, pada kunci motor dan kunci mobil.

Mesin duplikar ini merupakan barang impor yang berasal dari Italy, Spanyol, China, dan Taiwan. Hanya saja yang beredar di Indonesia adalah buatan dari China dan Taiwan. Mesin ini mempunyai harga berkisar 3,5 juta rupiah ke atas.

Pada umumnya sudah banyak ahli kunci yang berada di Indonesia menggunakan mesin duplikat kunci sebagai alat bantunya. Namun sebagian juga masih menggunakan mesin dan alat yang tradisional atau manual untuk membantu mereka menyelesaikan tugasnya dalam menduplikat sebuah kunci.

Leave a Reply